Kriteria Data

Tujuan Laporan :
1. Untuk mengetahui fungsi count counta dan countif dan dapat mengaplikasikannya pada Ms. Excel

2. Fungsi COUNTA menghitung sel yang berisi setiap tipe informasi, termasuk nilai kesalahan dan teks kosong (""). Misalnya, jika rentang tersebut berisi rumus yang mengembalikan string kosong, fungsi COUNTA menghitung nilai itu. Fungsi COUNTA tidak menghitung sel kosong.

3. Jika tidak perlu menghitung nilai logika, teks, atau nilai kesalahan (dengan kata lain, jika Anda ingin menghitung hanya sel yang berisi angka), gunakan fungsi COUNT.

4. Jika Anda ingin hanya menghitung hanya sel-sel yang memenuhi kriteria tertentu, gunakan fungsi COUNTIF atau fungsi COUNTIFS.

Uraian :
A. Berikut merupakan contoh pengaplikasian pada data dan transaksi penjualan

Pertama kita buat tabel kode nama pelanggan alamat transaksi untuk datanya yang diisi secara manual hanya kode dan transaksi jangan lupa untuk tabel transaksi harus di format cell menjadi Rp terlebih dahulu. Lalu buat tabel no kode nama alamat seperti contoh agar dapat mengaplikasikan rumus VLOOKUP.


Berikut rumus untuk tabel nama pelanggan : =VLOOKUP(B2;$G$6:$I$15;2) tarik hingga ke bawah agar sel yang lain menyesuaikan dengan rumus.


Berikut rumus untuk tabel alamat : =VLOOKUP(B2;$G$6:$I$15;3)


Rumus untuk total transaksi adalah : =SUM(E2:E20)


Pada transaksi untuk menggunakan scroll bar anda harus mengaktifkan developer terlebih dahulu lalu letakkan cel link scroll bar pada belakang scroll bar sehingga tidak terlihat lalu rumus untuk sel G2 adalah : =IF(F2=1; "Jakarta"; IF(F2=2; "Bogor"; IF(F2=3; "Bandung"))) jadi anda hanya tinggal menggeser scroll bar untuk memilih kota.


Untuk mengetahui jumlah transaksi yang dilakukan di kota tersebut baik Bandung, Jakarta, maupun Bogor rumusnya adalah : =SUMIF(D2:D20;G2;E2:E20)

B. Contoh berikutnya hampir sama dengan yang sebelumnya hanya saja dilengkapi dengan total jumlah data transaksi yang dilakukan oleh pelanggan ataupun wiraniaga.


Sama dengan latihan sebelumnya Nama pelanggan dan alamat menggunakan vlookup dengan menambahkan tabel tambahan, lalu untuk tabel wiraniaga dan transaksi dilakukan secara manual sekali lagi transaksi harus di format cell Rp.


Gambar diatas adalah format control untuk scroll bar pada pelanggan.


Berikut rumus untuk cell E2 agar tahu siapa nama pelanggan dan jika kita menggeser scroll bar nama pelanggan akan berubah-rubah rumusnya adalah : =VLOOKUP(K2;J16:M25;3)


Gambar diatas adalah format contol untuk scroll bar wiraniaga.


Rumus pada sel E3 untuk mengetahui nama wiraniaga adalah : =IF(K3=1;O16;IF(K3=2;O17;IF(K3=3;O18)))


Berikut sel E4 untuk mengetahui jumlah transaksi yang dilakukan oleh salah satu pelanggan dengan salah satu wiraniaga bila tidak terjadi transaksi maka akan terlihat hasilnya menjadi Rp- jangan lupa format cell menjadi Rp terlebih dahulu.
Rumusnya adalah : =SUMIFS(H2:H22;D2:D22;L2;G2:G22;L3)


Berikut cara menginput nama pelanggan untuk mengetahui total transaksi yang dilakukan masing-masing pelanggan. Rumusnya : =VLOOKUP(K2;J16:M25;3)


Rumus untuk total transaksi pelanggan adalah : =SUMIFS(H2:H22;D2:D22;K7)


Rumus untuk mengetahui total transaksi wiraniaga Selvianny:
 =SUMIFS($H$2:$H$22;$G$2:$G$22;K9)


Rumus untuk mengetahui total transaksi wiraniaga Hermawan :
=SUMIFS($H$2:$H$22;$G$2:$G$22;K10)


Rumus untuk mengetahui total transaksi wiraniaga Titiek :
=SUMIFS($H$2:$H$22;$G$2:$G$22;K11)


Jumlah total transaksi yang dilakukan seluruh wiraniaga, rumusnya adalah :
=SUM(L9:L11)

Semoga membantu terimakasih telah mengunjungi blog saya :)

Berikut link download latihan Kriteria Data :
https://mega.nz/#!SaRUmYrS!M9WGB23aGkxHGlzjVPHfgf7C6DPefwvuNS-_YSeauQU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi Format Kondisional

Pivot pada Excel