Penggunaan Logika dan Fungsi pada Ms. Excel

Tujuan Laporan
1. Mengetahui kegunaan logika dan fungsi pada ms. Excel.
2. Dapat mengaplikasikan atau menggunakan logika dan fungsi dengan baik dan benar. (baik fungsi if, or, and, if bertingkat, hlookup, vlookup)

Fungsi IF
Fungsi IF memungkinkan Anda membuat perbandingan logika antara nilai dan apa yang diharapkan dengan menguji kondisi dan mengembalikan hasil jika kondisi tersebut True atau False.


=IF(Sesuatu adalah Benar, lakukanlah sesuatu, jika tidak lakukanlah hal lain)

  Berikut contoh tabel penggunaan fungsi IF

Contoh diatas menerapkan bahwa hanya yang berumur minimal 17 tahun ke atas yang dapat KTP sementara yang tidak memenuhi syarat tidak akan mendapatkan KTP. Formulanya sebagai berikut :
=IF(A2>=17;"dapat ktp";"tidak dapat ktp") jika sudah selesai anda hanya perlu menarik formula hingga ke bawah dan otomatis akan menyesuaikan sendiri.


Contoh diatas juga menggunakan fungsi IF. Dapat anda lihat bahwa nilai minimal yang dibutuhkan adalah 70 untuk dapat memenuhi standar kelulusan. Maka formula yang digunakan adalah :
=IF(A4>=$B$1;"Lulus";"Tidak Lulus") bedanya adalah formula diatas menggunakan kunci F4, pada saat menekan sel B1 setelah itu tekan kunci F4 untuk menguncinya. Bila sewaktu-waktu nilai minimal berubah maka anda hanya tinggal merubah data pada sel B1 dan formula akan segera menyesuaikan.

Fungsi IF OR

Dapat digunakan apabila hanya salah satu kondisi saja yang memenuhi.

OR – =IF(OR(Sesuatu adalah True, Sesuatu yang lain adalah True), Nilai jika True, Nilai jika False)

Berikut contoh pengaplikasian if or pada Ms. Excel


Tabel diatas menunjukkan bahwa hanya lulusan sma/smk atau D1 sajalah yang dapat mengikuti tes tahap 1 dan yang lain akan gagal. Maka rumus yang digunakan adalah :
=IF(OR(B2="SMA/SMK";B2="D1");"Tes Tahap 1";"Gagal")
Lalu seperti biasa anda hanya perlu menarik formula ke bawah untuk sel berikutnya.

Fungsi IF AND
AND dapat digunakan apabila semua kondisi harus true atau false.

AND – =IF(AND(Sesuatu adalah True, Sesuatu yang lain adalah True), Nilai jika True, Nilai jika False)

Berikut contoh penggunaan fungsi and 

Tabel berikut menunjukkan bahwa peserta yang akan maju ke tes tahap 1 adalah peserta yang memenuhi 2 kondisi yaitu masa kerja minimal 5 tahun dan usia maksimal 30 tahun. Maka formula yang digunakan adalah :
=IF(AND(B2>=$F$1;$F$2<=C2);"TES TAHAP 1";"GAGAL")
kunci dengan f4 pada sel F1 dan F2. Bila sewaktu-waktu persyaratan berubah anda hanya perlu merubah data pada sel F1 dan F2.

Fungsi IF Bertingkat
Berikut contoh penggunaan if bertingkat :


Tabel diatas menunjukkan bahwa nilai yang kurang dari 60 adalah E, kurang dari 75 adalah D, kurang dari 85 adalah C, kurang dari 95 adalah B, dan 95 ke atas adalah A. Maka formula yang dapat kita gunakan adalah :
=IF(B2<60;"E";IF(B2<75;"D";IF(B2<85;"C";IF(B2<95;"B";"A"))))

FUNGSI VLOOKUP
Berikut contoh penggunaan fungsi VLOOKUP


Terdapat 2 tabel, tabel pertama adalah nilai mahasiswa dan tabel kedua adalah stadart untuk kriteria penilaian. Terdapat 2 formula dalam contoh diatas yaitu untuk kolom Huruf dan Bobot.
Berikut formula yang digunakan untuk Huruf :
=VLOOKUP(B2;$I$2:$K$11;2)
formula yang digunakan untuk Bobot :
=VLOOKUP(B2;$I$1:$K$11;3)
hanya berbeda pada ;2 dan ;3 ini berarti bahwa yang kita gunakan adalah kolom 2 yaitu huruf dan kolom 3 yaitu bobot.

Fungsi HLOOKUP
Berikut contoh penggunaan HLOOKUP


Sama hal nya dengan VLOOKUP terdapat 2 tabel hanya saja tabel kedua berbentuk vertikal sehingga formula yang digunakan menjadi :
=HLOOKUP(B2;$H$1:$R$3;2) untuk Huruf
 =HLOOKUP(B2;$H$1:$R$3;3) untuk Bobot

Demikian laporan yang saya buat semoga dapat membantu anda.

Berikut link file untuk latihan :
Berikut link file untuk tugas studi kasus :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kriteria Data

Fungsi Format Kondisional

Pivot pada Excel